PMB Simak UMI Download

Detail Berita

Pelantikan Rektor UMI Periode 2023-2027

10 May 2023

PIDATO PELANTIKAN REKTOR UNIVERSITAS METHODIST INDONESIA PERIODE 2023-2027

Dr. HUMUNTAL RUMAPEA,M.KOM

 

Syalom

Yth.:

  1. Ketua organ pembina Yayasan Pendidikan GMI wilayah 1 Bapak Bishop Kristi Wilson Sinurat, S.Th, M.Pd dan jajarannya.
  2. Kepala LLDIKTI Wilayah I Bapak Saiful Matodang dan Ibu Kabag Umum Dra. Faizah Alamsyah
  3. Ketua Organ Pengawas YPGMI Wilayah 1 Dra. Ibu Linda Ningsih Panjaitan
  4. Ketua Organ Pengurus YPGMI Wilayah I Bapak Binran Sipayung, S.Th dan jajarannya
  5. Ketua PKY YPGMI Wiayah I Bapak Pdt. Jhoni Simanjuntak, S.Th
  6. Anggota Senat UMI
  7. Para Dekan dan Fungsionaris UMI
  8. Bapak/bu Dosen & Pegawai
  9. Bapak Bupati Pemkab Samosir dan Jajarannya
  10. Ibu Ketua DPRD Kab. Samosir
  11. Seluruh Tamu dan Undangan 
  12. Beserta hadirin yang saya hormati.

 

Syalom, Selamat sore, Salam Sejahtera bagi kita semua,
Puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, Atas BerkatnyaNyalah kita dapat berkumpul di hari yang berbahagia ini dalam keadaan sehat dan sukacita.

Kami mengucapkan, Selamat datang di kampus Universitas Mehodist Indonesia (Kampus II Fakultas Kedokteran) yang telah berkenan meringankan langkah untuk hadir dalam acara ini. Sungguh merupakan kehormatan yang tinggi bagi saya diberi kesempatan untuk memimpin UMI kembali pada periode ini. Secara khusus saya mengucapkan terimakasih kepada Pimpinan Gereja Methodist Indonesia Wilayah I (Bapak Kristi Wilson Sinurat, S.Th, M.Pd), kemudian Yayasan Pendidikan Gereja Methodist Indonesia Wilayah I, Senat Akademik, dan seluruh sivitas akademika UMI, terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada saya. Saya berjanji akan menjalankan amanah yang sangat mulia ini untuk meningkatkan pelayanan dengan terus-menerus memberikan kinerja terbaik, prestasi dengan segenap kerendahan hati dan ketulusan hati.

Para hadirin yang saya muliakan,

UMI adalah merupakan suatu kesatuan kolektif dari segenap insan intelektual, yang memiliki dedikasi tinggi dalam memajukan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (ipteks) serta sosial dan humaniora, melalui kegiatan tridharma. Dalam perjalanan UMI telah berkontribusi melahirkan banyak Lulusan di berbagai area kehidupan berbangsa dan bernegara. Sebagai kampus, UMI adalah wadah yang nyaman dan kondusif bagi berbagai kegiatan intelelektual dan kebudayaan dengan atmosfer akademik yang terbuka terhadap pertukaran gagasan dan pengalaman, pemikiran-pemikiran kritis dan visioner, disertai sikap yang menjunjung tinggi kebebasan akademik dalam keanekaragaman keilmuan dan budaya. Memahami dengan baik potensi dan peranan UMI tersebut, serta harapan-harapan masyarakat akan kontribusi UMI, saya menerima amanah sebagai Rektor UMI periode 2023-2027 sebagai suatu hal yang sangat bernilai, dengan disertai kerendahan dan ketulusan hati, serta semangat dan optimisme yang tinggi.

Hingga hari ini, periode sebelumnya telah banyak mencapai dan meraih perkembangan baik pada reputasi Akreditasi maupun Kinerja lainnya. Ke depan, perubahan-perubahan yang cepat dari lingkungan, baik nasional maupun global, harus terus menerus diantisipasi dan direspons secara kritis, kreatif, inovatif, berintegritas dan berkedaulatan. Sebagai organisasi, UMI harus senantiasa menjadi learning organization dan harus bersifat adaptif. Setelah 58 tahun berkontribusi, kini saatnya UMI melanjutkan kembali, membangun kekuatan untuk menjawab tantangan perubahan, menyusun strategi transformasi pada era digital dan era revolusi industri.

Foto Bersama Rektor dengan Ketua Pembina, Pengurus YPGMI Wil I, LLDIKTI dan Bupati dan Ketua DPRD Samosir


Tahapan dan upaya yang dilakukan dalam waktu ke depan untuk mewujudkan akreditasi UMI yang unggul perlu kita lakukan 1) Pelaksanaan Tridharma yang memfasilitasi seluruh komponen Dosen dan Pegawai untuk memberikan kinerja terbaiknya; 2) Peingkatan Akreditasi Institusi yang Unggul dan setara dengan Perguruan Tinggi lainnya; 3) Menghasilkan Lulusan UMI berkualitas Nasional, berkarakter, beriman dan beretika, berperan di berbagai tingkat pekerjaan, memiliki sikap inisiatif dan inovatif serta berintegritas; 4) Melaksanakan keberlanjutan regenerasi kepemimpinan UMI yang senantiasa mampu bertransformasi. Upaya menempuh transformasi institusional yang berhasil dan berkelanjutan akan menjumpai tantangan-tantangan yang harus diatasi. Kesamaan pemahaman akan visi, tujuan dan strategi transformasi pada seluruh elemen organisasi dan para pemangku kepentingan, merupakan faktor kunci bagi keberhasilan dan keberlanjutan tersebut. Kemudian, sikap saling mendukung dan bersinergi untuk kepentingan bersama disertai dengan keyakinan, saling percaya, optimisme, kesabaran dan daya tahan yang tinggi, merupakan faktor yang memampukan bagi realisasi transformasi tersebut.

Langkah-langkah transformasi perlu dimulai dari pondasi, dan secara bertahap bergerak ke bagian-bagian yang lainnya. Setiap insan UMI memiliki peranan yang berarti dalam transformasi tersebut. Pada prinsipnya, strategi Pencapaian Wujud UMI 2027 tersebut meliputi empat langkah. Yang pertama adalah penataan struktur organisasi agar mampu bergerak dengan gesit, adaptif dan efisien dengan pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen mengikuti best practices untuk mendukung fungsi organisasi dan kinerja. Kemudian yang ke dua adalah peningkatan pendapatan kampus melalui cara-cara yang kreatif dan inovatif dengan mendirikan unit bisnis, dengan penekanan pada berbagai kegiatan yang relevan dengan implementasi transformasi. Ketiga adalah mengadopsi paradigma Pendidikan Kampus Merdeka dengan melaksanakan dengan baik. Kemudian yang ke empat adalah penguatan sistem, atau ekosistem inovasi UMI, dengan pondasi budaya ilmiah yang kuat. Dan yang ke lima, adalah manajemen perubahan. Partisipasi dari seluruh elemen UMI merupakan hal yang penting dalam transformasi UMI. Antusiasme dan komitmen bersama adalah hal yang utama. Visi, tujuan dan sasaran capaian transformasi perlu di-share kepada segenap dosen dan tenaga kependidikan. Untuk ini, komunikasi perlu terus-menerus dipelihara, dikembangkan dan diperluas. Selanjutnya dibutuhkan sistem monitoring-evaluation untuk mengukur capaian-capain kemajuan, guna pembelajaran dan perbaikan tindakan-tindakan. Keseluruhan transformasi tidak akan berhasil secara berarti tanpa disertai dengan kerjasama yang kuat dan efektif.

Hadirin yang saya muliakan,

Untuk meningkatkan kontribusi yagn maksimal kami sangat membutuhkan jalinan kemitraan yang strategis dengan seluruh pihak eksternal baik pemerintah maupun para pelaku industri dan dunia usaha serta lembaga-lembaga riset terkait termasuk lembaga swadaya masyarakat. UMI perlu memperkuat dan memperluas jalinan kemitraan baik yang berlingkup nasional maupun global. Pada kesempatan ini, dengan segala kerendahan hati saya memohon dukungan dari pimpinan Lembaga Layanan Dikti Wilayah I, , Gereja Methodist Indonesia, Yayasan Pendidikan Gereja Methodist IndonesiaWIlayah I, Mitra Kerjasama, Alumni dan Pihak terkait lainnya.  Keberadaan UMI adalah untuk kemajuan bangsa dan negara, UMI siap bersinergi dan berkolaborasi untuk mensukseskan program-program pembangunan baik di tingkat popinsi, maupun daerah, jalinan kemitraan di antara kita akan menjadi kekuatan yang penting bagi pembangunan dan kemajuan bangsa. Termasuk saya juga memohon dukungan dari segenap pelaku industri dan dunia usaha terutama Mitra Kerjasama kami yang selama ini  bersama sama memberikan layanan kepada masyarakat. Peranan yang hakiki dari UMI, sebagai institusi pendidikan tinggi, adalah memandu perkembangan mahasiswa untuk meraih kemampuan yang dibutuhkan sebagai generasi muda yang unggul, yang pada gilirannya akan memberikan kontribusi terbaiknya bagi pembangunan dan kemajuan bangsa. “esse est in intellectu” untuk Dengan Iman, Ilmu dan Amal Berbakti Kepada Tuhan Bangsa dan Negara”

Hadirin yang saya muliakan,

Pada kesempatan ini, perkenankan saya menyampaikan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada istri dan dan anak anak saya maupun cucu saya. Merekalah yang senantiasa akan mendukung aktifitas keseharian saya dalam menjalankan tugas di masa yagn akan datang. Kiranya Bapak/Ibu sekalian berkenan mendoakan, agar saya dapat menjaga nilai-nilai luhur Iman Kristini, menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya untuk bangsa dan negara. Akhir kata saya mengucapkan banyak terimakasih atas kepercayaan yang diberikan, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa menyertai kepemimpinan saya untuk mewujudkan UMI yang lebih baik lagi di masa yang akan datang. Sekian dan terimakasih, Syalom. Tuhan Memberkati.

 

 

Dr. Humuntal Rumapea, M.Kom
NIDN: 0116086201