Visi Program Studi Manajemen FE UMI :
Menjadi program studi yang unggul, profesional serta berkarakter iman dan etikadalam pengembangan ilmu manajemen di tingkat global tahun 2035.
Penjelasan dari rumusan Visi Program Studi Manajemen FE UMI: 1.Unggul:
- Rumusan unggulmemiliki makna terakreditasi unggul sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.
- Implementasi kurikulum manajemen berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan mengadopsi keunggulan khas lokal.
- Kemampuan menghasilkan karya penelitian yang terpublikasi di jurnal terakreditasi.
- Kemampuan menghasilkan lulusan sesuai dengan kebutuhan keahlian dari pengguna lulusan (stakeholder’s).
- Kemampuan beradaptasi terhadap perubahan dan perkembangan ilmu manajemen.
- Pencapaian menjadi salah satu Program Studi terbaik pada tingkat global setelah terlebih dahulu menjadi salah satu yang unggul di tingkat nasional, kemudian unggul di tingkat ASEAN.
2.Profesional:
- Rumusan profesional(excellent) memiliki makna substantif yang bernilai competitiveness tinggi.
- Profesional Program Studi Manajemen FE UMI disusun dari karya-karya akademik yang bersifat substansial dan kompeten pada skala nasional dan internasional.
- Ruang lingkup profesional yang dikembangkan Program Studi Manajemen FE UMI mengarah kepada lima pilar kompetensi yakni: (a) akademik; (b) penelitian; (c) pengabdian pada masyarakat; (d) kemahasiswaan; dan (e) kelembagaan. Setiap pilar didorong untuk memiliki profesionalisme khas sehingga memiliki nilai competitiveness yang tinggi.
3.Karakter iman dan etika :
- Karakter iman dan etika memiliki arti sivitas akademika program studi Manajemen FE UMI adalah insan beragama, berakhlak mulia, jujur dan ikhlas dalam segala aktivitas.
- Indikator yang melandasi dan memperkuat citra unggul.
- Karakter nilai yang dimiliki oleh seluruh civitas akademika di lingkungan Program Studi Manajemen FE UMI.
- Lulusan yang dihasilkan mampu menjaga integritas dan kejujuran dalam karirnya dan berkontribusi dalam pembangunan bangsa.
- Dibangun berlandaskan iman kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.
- Iman sebagai faktor yang utama dalam mempertahankan integritas keilmuan yang digunakan buat kebaikan dan kesejahteraan manusia. Oleh karena itu, Program Studi Manajemen FE UMI menanamkan nilai-nilai keimanan berlandaskan kasih dan persaudaraan dalam semua aktivitas baik di lingkungan internal maupun eksternal.
- Etika merupakan aktualisasi dari nilai-nilai kasih dan persaudaraan dalam segala tindakan yang mencerminkan kepribadian yang baik.
- Mencerminkan karakter yang khas dari Program Studi Manajemen FE UMI untuk menjunjung tinggi nilai-nilai budaya dan peradaban bangsa.
- Melaksanakan fungsi Tri Dharma Perguruan Tinggi secara optimal.
- Program Studi Manajemen FE UMI memiliki karakteristik yang baik secara fisik, mental, maupun sosial, sebagaimana yang dijabarkan dalam bagian berikut ini :
- Karakter fisik yang sehat : memiliki makna sehat sumber daya manusia (SDM), sehat prasana dan sarana, sehat manajemen, dan sehat pelayanan.
- Karakter mental yang sehat :memiliki makna kemampuan dalam mengaktualisasikan nilai-nilai akademis, nilai-nilai kultural, dan nilai-nilai spiritual.
- Karakter sosial yang sehat :memiliki makna mampu mengembangkan daya sosial (sociability) serta meningkatkan derajat akseptibilitas di lapisan masyarakat (socio-acceptability).
Global:
- Rumusan global memiliki makna Program Studi Manajemen FE UMI mengembangkan proses pembelajaran di bidang ilmu manajemen dengan memperhatikan tuntutan dalam skala nasional, regional maupun internasional.
- Global dalam visi Program Studi Manajemen FE UMI memiliki makna kompetensi yang harus dimiliki oleh seluruh civitas akademika.
- Kemampuan menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan, kemampuan dan sikap yang dapat mengikuti perkembangan ilmu.
- Kemampuan beradaptasi terhadap perkembangan ilmu manajemen dalam tataran global.
Potensi yang dimiliki untuk mencapai visi :
- Komitmen Yayasan Pendidikan Gereja Methodist Indonesia Wilayah I dan Pimpinan Universitas Methodist Indonesia.
- Kecukupan dana yang dimiliki Universitas Methodist Indonesia.
- Kecukupan prasarana dan sarana.
- Program pengembangan sumberdaya manusia.
- Rencana strategis Program Studi Manajemen FE UMI yang disusun secara realistis dan terukur.
Keterkaitan visi Program Studi Manajemen FE UMI, FE, dan UMI :
1 |
Visi UMI |
Menjadi universitas profesional, berkarakter iman dan etika dalam pengembangan IPTEKS yang unggul di tingkat global tahun 2035. |
2 |
Visi FE UMI |
Menjadi Fakultas Ekonomi yang profesional, berkarakter iman dan etika dalam mengembangkan IPTEKS di bidang ekonomi yang unggul di tingkat global tahun 2035. |
3 |
Visi PSM FE UMI |
Menjadi program studi yang unggul, profesional serta berkarakter iman dan etika dalam pengembanganilmu manajemen di tingkat global tahun 2035. |
Dari ketiga visi tersebut di atas, jelas terlihat memiliki empat kata kunci yang sama: unggul, profesional, global, karakter iman dan etika. Mengandung makna bahwa visi, misi, tujuan dan sasaran Program Studi Manajemen FE UMI konsisten dan relevan terhadap visi, misi, tujuan dan sasaran FE UMI, konsisten dan relevan terhadap visi, misi, tujuan dan sasaran UMI.
Misi :
- Pengembanganproses pembelajaran berkualitas di bidang ilmumanajemen yang berkarakter iman dan etika, memiliki kemampuan intelektual, berstandar internasional dan profesional.
- Peningkatan kegiatan penelitian dan publikasi karya ilmiah bagi dosen dan mahasiswa untuk menjawab permasalahan/fenomena dalam pengembangan ilmu manajemen.
- Peningkatan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai wujud kepedulian terhadap kebutuhan masyarakat, bisnis dan industri daerah untuk pengembangan wawasan keilmuan.
- Pengembangantatakelola program studiuntuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas serta peningkatan kerjasama dengan institusi di dalam dan luar negeri dalam pelaksanaan tridarma perguruan tinggi.
Tujuan :
- Menghasilkan lulusan yang profesional, berkarakter iman dan etika dalam pengembangan ilmu manajemen berstandar internasional,cerdas dan peka terhadap permasalahan sosial, mampu bekerja sama, berkomunikasi, memiliki semangat kewirausahaan, menghormati keberagaman masyarakat serta berdaya saing global.
- Menghasilkan kuantitas dan kualitas publikasi karya penelitian yang bermanfaat dalam menjawab permasalahan dan pengembangan ilmu.
- Mewujudkan kepedulian dan implementasi ilmu manajemen dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
- Mewujudkan atmosfir akademik yang kondusif dalam penyelenggaran tridharma perguruan tinggi sehingga efektif dan efisien.
- Meningkatkan tata kelola program studi dari aspek penatalayanan, ketersediaan sarana dan prasarana, pendanaan, serta sistem informasi akademik.
- Meningkatkan kerjasama kemitraan institusi dalam dan luar negeri, antar lembaga pendidikan tinggi, asosiasi profesi, dunia usaha, pemerintah, dan masyarakat.
Roadmap Milestone Prodi Manajemen 2011-2035
Mata Kuliah :
Semester I |
No. | Kode MK | Mata Kuliah | Kategori | SKS |
1. |
MAN101 |
AGAMA |
Wajib Universitas |
2 |
2. |
MAN102 |
BAHASA INGGRIS I |
Wajib Fakultas |
2 |
3. |
MAN103 |
PANCASILA |
Wajib Universitas |
2 |
4. |
MAN104 |
PENGANTAR EKONOMI MIKRO |
Wajib Fakultas |
3 |
5. |
MAN105 |
PENGANTAR AKUNTANSI I |
Wajib Fakultas |
3 |
6. |
MAN106 |
PRAKTEK PENGANTAR AKUNTANSI I |
Wajib Fakultas |
1 |
7. |
MAN107 |
PENGANTAR BISNIS |
Wajib Fakultas |
3 |
8. |
MAN108 |
APLIKASI TEKNOLOGI & INFORMASI |
Wajib Fakultas |
2 |
9. |
MAN109 |
MATEMATIKA EKONOMI DAN BISNIS |
Wajib Fakultas |
3 |
|
|
|
Jumlah |
21 |
Semester II |
No. | Kode MK | Mata Kuliah | Keterangan | SKS |
1. |
MAN201 |
ETIKA KRISTEN |
Wajib Universitas |
2 |
2. |
MAN202 |
BAHASA INGGRIS II |
Wajib Fakultas |
2 |
3. |
MAN 203 |
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN |
Wajib Universitas |
2 |
4. |
MAN 204 |
BAHASA INDONESIA |
Wajib Universitas |
2 |
5. |
MAN 205 |
PENGANTAR EKONOMI MAKRO |
Wajib Fakultas |
3 |
6. |
MAN 206 |
PENGANTAR AKUNTANSI II |
Wajib Fakultas |
3 |
7. |
MAN 207 |
PRAKTEK PENGANTAR AKUNTANSI II |
Wajib Fakultas |
1 |
8. |
MAN 208 |
PENGANTAR MANAJEMEN |
Wajib Fakultas |
3 |
9. |
MAN209 |
STATISTIKA EKONOMI DAN BISNIS I |
Wajib Fakultas |
2 |
|
|
|
Jumlah |
20 |
Semester III |
No. | Mata Kuliah | Kategori | SKS |
1. |
Teori Ekonomi Mikro |
Wajib Manajemen |
2 |
2. |
Statistika Ekonomi dan Bisnis II |
Wajib Manajemen |
2 |
3. |
Manajemen SDM |
Wajib Manajemen |
3 |
4. |
Manajemen Pemasaran |
Wajib Manajemen |
3 |
5. |
Manajemen Keuangan |
Wajib Manajemen |
3 |
6. |
Komunikasi Bisnis |
Wajib Manajemen |
3 |
7. |
Bahasa Inggris Bisnis |
Wajib Manajemen |
2 |
8. |
Kewirausahaan |
Wajib Manajemen |
2 |
|
|
Jumlah |
20 |
Semester IV |
No. | Mata Kuliah | Kategori | SKS |
1. |
Teori Ekonomi Makro |
Wajib Manajemen |
2 |
2. |
Manajemen Perbankan dan Non Bank |
Wajib Manajemen |
3 |
3. |
Bisnis Global |
Wajib Fakultas |
3 |
4. |
Hukum Bisnis dan Regulasi |
Wajib Fakultas |
2 |
5. |
Akuntansi Biaya |
Wajib Fakultas |
3 |
6. |
Sistem Informasi Manajemen |
Wajib Manajemen |
3 |
7. |
Budaya Perusahaan |
Wajib Manajemen |
3 |
8. |
E - Bisnis |
Wajib Manajemen |
2 |
|
|
Jumlah |
21 |
Semester V |
No. | Mata Kuliah | Kategori | SKS |
1. |
Perekonomian Indonesia |
Wajib Fakultas |
3 |
2. |
Akuntansi Manajemen |
Wajib Fakultas |
3 |
3. |
Ekonomi Manajerial |
Wajib Manajemen |
3 |
4. |
Metodologi Penelitian Ekonomi dan Bisnis |
Wajib Manajemen |
3 |
5. |
Perilaku Organisasi |
Wajib Fakultas |
3 |
6. |
Manajemen Operasi |
Wajib Manajemen |
3 |
7. |
Analisa dan Pengolahan Data |
Wajib Manajemen |
2 |
|
|
Jumlah |
20 |
Semester VI |
No. | Mata Kuliah | Kategori | SKS |
1. |
Manajemen Agribisnis |
Wajib Manajemen |
3 |
2. |
Teori Pengambilan Keputusan |
Wajib Manajemen |
3 |
3. |
Studi Kelayakan Bisnis |
Wajib Manajemen |
3 |
4. |
Etika Bisnis |
Wajib Manajemen |
3 |
5. |
Kepemimpinan |
Wajib Manajemen |
3 |
6. |
Manajemen Strategi |
Wajib Manajemen |
3 |
|
|
Jumlah |
18 |
Semester VII - Konsentrasi Manajemen Pemasaran |
No. | Mata Kuliah | SKS |
1. |
Perilaku Konsumen |
3 |
2. |
Komunikasi Pemasaran |
3 |
3. |
Pemasaran Global |
3 |
4. |
Pemasaran Jasa |
3 |
5. |
Strategi Pemasaran |
3 |
6. |
Seminar Manajemen Pemasaran |
3 |
|
Jumlah |
18 |
Semester VII - Konsentrasi Manajemen Keuangan |
No. | Mata Kuliah | SKS |
1. |
Manajemen Keuangan Lanjutan |
3 |
2. |
Manajemen Investasi |
3 |
3. |
Analisis Laporan Keuangan |
3 |
4. |
Manajemen Keuangan Global |
3 |
5. |
Pendanaan Perusahaan |
3 |
6. |
Seminar Manajemen Keuangan |
3 |
|
Jumlah |
18 |
Semester VII - Konsentrasi Manajemen SDM |
No. | Mata Kuliah | SKS |
1. |
Manajemen SDM Global |
3 |
2. |
Hubungan Industrial |
3 |
3. |
Manajemen SDM Strategik |
3 |
4. |
Manajemen Kompensasi |
3 |
5. |
Manajemen Perubahan dan Pengembangan Organisasi |
3 |
6. |
Seminar Manajemen SDM |
3 |
|
Jumlah |
18 |
Semester VII - Konsentrasi Manajemen Operasi |
No. | Mata Kuliah | SKS |
1. |
Manajemen Distribusi dan Logistik |
3 |
2. |
Manajemen Proyek |
3 |
3. |
Manajemen Mutu |
3 |
4. |
Sistem Perencanaan dan Pengendalian Operasi |
3 |
5. |
Manajemen Operasi Global |
3 |
6. |
Seminar Manajemen Operasi |
3 |
|
Jumlah |
18 |
Semester VIII |
No. | Mata Kuliah | SKS |
1. |
Skripsi |
6 |
|
Jumlah |
6 |